Home » Perlukah Pipa Galvanis Diganti?

Perlukah Pipa Galvanis Diganti?

Pada rumah atau bangunan yang berusia cukup tua, pipa galvanis banyak menjadi sumber masalah yang cukup mengganggu bahkan merugikan secara keuangan untuk pemiliknya.

Apa itu pipa galvanis ?

pipa-galvanis

Pipa galvanis adalah pipa besi yang telah di celup kedalam cairan zinc pelapis/pelindung untuk mencegah korosidan karat. Pipa galvanis banyak digunakan pada rumah yang dibangun sebelum tahun 1970. Jenis pipa ini diciptakan untuk mengganti pipa timah yang sebelumnya banyak digunakan. Walaupun pipa galvanis dibuat dengan lapisan anti karat, namun setelah digunakan selama beberapa dekade pipa inipun ternyata berkarat terutama di dinding bagian dalam pipa.

 

Seperti apa rupa pipa galvanis itu?

Saat pertama kali digunakan, pipa ini berwarna seperti nikel. Seiring jalannya usia pipa, perubahan warna terjadi menjadi lebih kusam, pucat atau gelap tergantung pada kondisi lingkungan.

 

Bagaimana cara memastikan pipa saya galvanis/bukan?

Jika Anda tidak bisa membedakannya secara visual, ada cara cepat dan mudah untuk memastikan apakah pipa anda adalah pipa galvanis atau bukan. Ambil obeng dan magnet. Gores permukaan pipa untuk membersihkan lapisan atau cat yang menempel. Tempelkan magnet, lihat hasilnya:

Pipa Tembaga

Area yang di gores akan terlihat berwarna kuning kecoklatan serta berkilau. Magnet TIDAK akan menempel.

Pipa Plastik


Area yang digores akan terlihat berwarna putih, abu, hijau atau merah. Magnet TIDAK akan menempel.

Galvanized steel

Area yang digores akan terlihat berwarna silver ke abuan. Magnet yang kuat akan menempel.

 

Masalah lain apa yang bisa ditimbulkan oleh pipa galvanis?

 

Tekanan air rumah mengecil

Karena adanya korosi dan karat di dinding bagian dalam pipa galvanis, aliran air akan terhambat dan mempengaruhi tekanan air rumah.

Distribusi air yang tidak merata

Jika beberapa keran rumah aliran airnya kecil tapi keran-keran lainnya normal, hal ini bisa disebabkan oleh pipa galvanis. 

Korosi yang tidak merata pada pipa galvanis menyebabkan beberapa titik mengalami tekanan air yang mengecil.

Kontaminasi air

Pipa galvanis bisa melepas zat besi dan menyebabkan kontaminasi pada air. Gejala khas akan hal ini adalah noda aliran air kecoklatan seperti karat pada keramik perabotan kamar mandi.

Kebocoran pipa

Jika usia pipa sudah cukup lama, pipa galvanis akan berkarat dan rentan untuk terjadi kebocoran. Hal ini akan sangat

pipa-galvanis-berkarat

merepotkan dan menyebabkan kerugian finansial karena kerusakan perabotan rumah dan tagihan air yang melonjak.

Saat ini telah banyak alternatif pipa saluran air dengan biaya yang lebih terjangkau, aman dan daya tahan yang sangat kuat. Jika rumah Anda masih memakai pipa galvanis, disarankan untuk beralih ke jenis pipa yang lebih modern. Hal ini merupakan investasi jangka panjang untuk sumber air yang lebih sehat untuk Anda sekeluarga.

Baca juga : Jenis pipa air apa yang ideal untuk bangunan rumah tangga dan komersial?

Jika rumah anda terdapat kebocoran pada instalasi pipa air bersih, silahkan konsultasikan dengan dokter pipa. Kami memiliki tim khusus dengan peralatan modern dan lengkap untuk menemukan titik kebocoran dan memperbaikinya pada bangunan Anda.

Kategori

5 Penyebab Utama Pipa Bocor

Pipa Bocor: 5 Penyebab Utama Yang Harus Anda Ketahui

07 Juli 2020

Air bersih merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah rumah tinggal. Sumber air yang mensuplai kebutuhan rumah tangga ini berasal […]

Baca Artikel..
air mineral

Ph air Mineral Yang Baik Untuk Dikonsumsi

17 April 2020

Air mineral adalah air yang bersumber dari mata air yang mengandung berbagai mineral, seperti garam dan senyawa belerang. Air mineral […]

Baca Artikel..
air-keran-kecil

Air Keran Kamar Mandi Saya Kecil, Kenapa Ya?

31 Agustus 2019

Pertanyaan ini sering kali ditanyakan kepada kami. Kadang pemilik rumah juga merasa bingung dengan kondisi seperti ini : “Padahal rumah […]

Baca Artikel..
Scroll to Top