Home » Keran Mampet, Periksa Sendiri Dengan Cara Ini

Keran Mampet, Periksa Sendiri Dengan Cara Ini

mengatasi-keran-mampetAyo ketahui cara mudah periksa keran mampet – Tentunya tidak nyaman jika aliran air bersih di rumah atau kantor Anda tidak lancar karena keran yang tersumbat. Padahal air menjadi hal yang sangat penting untuk berbagai aktivitas, mulai dari mandi, mencuci, membersihkan rumah atau bahkan sebagai salah satu bahan baku penting proses produksi. Keran mampet akan berdampak pada terhambatnya aktivitas, karena aliran air menjadi jauh lebih sedikit debitnya, padahal persediaan air tidak ada masalah.

Tekanan air keran kecil atau bahkan keran mampet pada prinsipnya disebabkan oleh 2 kemungkinan utama yaitu : Kurangnya tekanan pada sumber air utama rumah atau adanya sumbatan yang mempengaruhi aliran air ke beberapa atau keseluruhan keran air rumah..

 

Jika terjadi tekanan air kecil atau keran mampet pada salah satu keran, yang harus Anda lakukan adalah periksa keseluruhan keran di rumah. Apakah tekanan air keran kecil ini terjadi hanya di satu keran, atau beberapa keran di rumah Anda? Jika terjadi pada beberapa keran, kemungkinan permasalahannya ada pada jalur pipa air bersih Anda. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca artikel:

Baca Juga : Air Kran Kecil dan Kran Tersumbat – Penyebab & Cara Mengatasinya

Namun jika tekanan air kecil atau keran mampet hanya terjadi pada 1 keran saja, permasalahannya pastinya tidak jauh dari seputaran keran tersebut. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah jika tekanan air kecil pada salah satu keran  :

1.   Periksa aerator keran

aerator-kran-mampetApakah aerator keran itu? Aerator sering juga disebut saringan ujung keran. Saringan kecil yang berbentuk seperti kawat nyamuk ini dipasang pada ujung keran dengan tujuan untuk menyaring kotoran yang terbawa oleh air. Lama kelamaan kotoran akan menumpuk pada saringan ini dan dapat menyebabkan tekanan air keran yang keluar kecil atau bahkan menyumbatnya jika kotoran yang terkumpul cukup padat dan banyak

Cara mengatasi masalah ini cukup mudah. Lepas aerator tersebut dari ujung keran dengan memutar berlawanan arah jarum jam. Buka dan bersihkan bagian dalamnya. Jika endapan kotoran cukup padat, Anda dapat menggunakan bantuan larutan cuka untuk melunakkannya. Untuk lebih detil baca artikel : Bagaimana cara membersihkan aerator keran air. Jika sudah selesai, pasang kembali aerator dan hidupkan keran. Jika air kembali normal, masalah Anda selesai!

 

Bagaimana jika aerator bukanlah sumber masalahnya?

 

2.   Cek keran air

Jika membersihkan aerator tidak menyelesaikan masalah tekanan air keran kecil, berarti terjadi sumbatan di tempat lain yang harus dicari. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah : Pastikan apakah sumber masalah ada di keran air atau bukan.

Caranya cukup mudah. Matikan stop kran ke keran air tersebut, lalu buka selang flexible suplai air pada keran. Hidupkan kembali stop keran. Jika air mengalir deras, maka keran Anda masalahnya.

Jika keran Anda langsung dipasang pada jalur pipa air, Anda dapat menutup sumber air utama rumah, lalu ganti keran air dengan dengan keran baru (cukup keran sederhana saja). Hidupkan kembali sumber air, jika air mengalir dengan tekanan normal, bisa dipastikan keran air lama Anda lah yang menjadi sumber masalahnya.

Setelah memastikan sumber masalah ada pada keran air, Anda bisa mengganti keran mampet tersebut dengan yang baru atau mencoba mengatasi sumbatan pada keran air tersebut. Begini cara untuk membersihkan sumbatan pada keran air Anda :

  1. Lepaskan keran.
  2. Siapkan larutan cuka dalam baskom.
  3. Rendam keran selama 12 jam.
  4. Cuci bersih keran tersebut.
  5. Sebelum dipasang kembali, dalam keadaan keran terbuka coba tiup salah satu ujung keran, perhatikan apakah hembusan anginnya bisa dengan lancar mengalir. Jika tidak, Anda terpaksa harus menggantinya dengan keran baru.
  6. Pasang kembali keran dan nyalakan air.

Bagaimana jika keran air bukanlah sumber masalahnya?

 

3.   Cuci/Bersihkan jalur pipa air bersih Anda

Kerak-kotoran-dalam-pipa-airJika 3 hal berikut ini telah dipastikan bukan merupakan sumber masalah tekanan air keran kecil atau keran mampet :

  1. Daya tekan sumber utama air.
  2. Saringan/aerator keran.
  3. Keran air.

Hal yang dapat disimpulkan adalah adanya sumbatan di dalam jalur pipa air bersih Anda. Untuk lebih jelasnya kenapa hal ini bisa terjadi silahkan klik artikel berikut ini : Rahasia tersembunyi pipa air bersih rumah yang perlu Anda ketahui.

Untuk mengatasi hal ini, Anda butuh bantuan jasa pembersihan/cuci pipa profesional dengan peralatan yang memang khusus dibuat untuk keperluan ini. Dokter pipa memiliki teknologi terkini yang mampu membantu Anda dengan cepat dan aman membuat pipa anda kembali bersih seperti baru.

Kategori

5 Penyebab Utama Pipa Bocor

Pipa Bocor: 5 Penyebab Utama Yang Harus Anda Ketahui

07 Juli 2020

Air bersih merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah rumah tinggal. Sumber air yang mensuplai kebutuhan rumah tangga ini berasal […]

Baca Artikel..
air mineral

Ph air Mineral Yang Baik Untuk Dikonsumsi

17 April 2020

Air mineral adalah air yang bersumber dari mata air yang mengandung berbagai mineral, seperti garam dan senyawa belerang. Air mineral […]

Baca Artikel..
pipa galvanis

Perlukah Pipa Galvanis Diganti?

22 November 2019

Pada rumah atau bangunan yang berusia cukup tua, pipa galvanis banyak menjadi sumber masalah yang cukup mengganggu bahkan merugikan secara […]

Baca Artikel..
Scroll to Top