Home » Gejala dan Cara Memperbaiki Pipa Bocor

Gejala dan Cara Memperbaiki Pipa Bocor

deteksi-pipa-bocor-dokterpipa2Pipa bocor, toilet bocor dan keran bocor adalah sumber pemborosan air yang signifikan di rumah tangga. Suatu riset menemukan bahwa satu rumah dapat kehilangan air sebanyak 7.6m3-76m3 per tahun karena kebocoran ini. Ini berarti terjadi pemborosan rata-rata sekitar Rp.500rb per tahun dari satu rumah saja (tarif PDAM 2019). Beberapa sumber kebocoran mudah untuk diketahui seperti : keran bocor, toilet bocor dan waterheater bocor. Tapi sayangnya mayoritas kebocoran sulit untuk di deteksi dan baru disadari bertahun tahun kemudian karena sumber kebocoran tidak terlihat kasat mata.

Tanda-tanda adanya kebocoran air di rumah 

Untuk menghindari pemborosan yang tidak perlu ini, ada baiknya Anda mencermati beberapa tanda-tanda terjadinya kebocoran air di rumah :

  1. Tagihan Air Naik Diatas Normal: Kenaikan tagihan air diatas 20% walaupun pemakaian air normal seperti biasa.
  2. Tangki Penampungan Air Cepat Habis: Toren/tangki air sering habis walaupun tidak dipakai atau dipakai normal.
  3. Sering Terjadi Rembesan Air: Rembesan air di tembok atau dak lantai atas secara kontinu bisa jadi merupakan pertanda pipa bocor.
  4. Pompa Dorong Sering On/Off: Pompa booster/dorong sering on/off walaupun tidak ada pemakaian air.

Cara periksa kebocoran air di rumah jika menggunakan air PAM

catat-meteran-pam-pipa-bocorBeberapa langkah berikut ini dapat anda lakukan untuk memastikan ada tidaknya kebocoran air di rumah jika anda menggunakan air pam.

  1. Pastikan seluruh keran rumah dalam keadaan tertutup.
  2. Catat angka yang tertera pada meteran air pam. Tunggu 15 menit, pastikan tidak ada pemakaian air selama waktu tunggu.
  3. Catat kembali angka yang tertera.

Jika ada kenaikan angka pencatatan meteran, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kebocoran pada instalasi air rumah anda.

Cara periksa kebocoran air di rumah jika menggunakan air tanah

Jika menggunakan air tanah, biasanya terdapat tangki/toren penyimpanan air. Dari tangki/toren tersebut air akan dialirkan ke instalasi dalam rumah. Jika anda menggunakan pompa pendorong/booster pump, akan sangat mudah untuk mendeteksi apakah terdapat kebocoran pada instalasi air rumah anda atau tidak.

Jika pada saat semu keran tertutup dan tidak ada pemakaian air sama sekali pompa dorong/booster pump anda sesekali hidup, dapat disimpulkan adanya kemungkinan kebocoran pada instalasi air rumah. Jika kebocoran cukup besar, pompa pendorong akan lebih sering mati-hidup walaupun tanpa adanya pemakaian air.

Setelah melakuan pengecekan dan ternyata terdapat kebocoran pada instalasi air rumah anda, ada baiknya periksa beberapa hal berikut ini :

1. Keran bocor

Periksa apakah ada air yang keluar dari ujung keran, fitting keran ke tembok atau selang flexible suplai air. Keran yang sudah lama biasanya tidak bisa menutup sempurna karna mekanisme buka/tutup keran yang sudah aus/rusak. Solusinya adalah ganti keran dengan yang baru.

Jika kebocoran terjadi pada selang flexibel, periksa karet seal pada ujung selang. Kebocoran terjadi biasanya dikarenakan seal sudang getas dan perlu di ganti.

2. Toilet bocor

toilet-bocor-tankToilet adalah salah satu sumber kebocoran paling umum yang terjadi dan kadang tidak disadari. Kebocoran toilet yang cukup besar biasanya menimbulkan suara mendesis atau suara air mengalir pada saat toilet tidak digunakan. Cara lain mengecek apakah toilet bocor sangat mudah. Lihat permukaan air pada toilet anda, jika terdapat riak pada sekeliling permukaan air toilet, maka dapat dipastikan toilet anda bocor

Untuk menemukan sumber kebocoran pada toilet, anda harus membuka tutup tangki toilet dan memeriksa fungsi peralatan mekanisme flushing. Hal pertama yang harus dilihat adalah pastikan level air pada tangki tidak kurang dari 2,5cm di bawah lubang overflow tangki. Jika level air terlalu tinggi, air dapat mengalir perlahan melalui lubang overflow tersebut.

Secara umum ada 3 penyebab toilet bocor :

  1. Level maksimal air tangki di set terlalu tinggi
  2. Pelampung air rusak sehingga tidak menutup aliran air secara sempurna saat level air sudah tinggi.
  3. Karet Refill valve/flapper sudah getas/usang sehingga tidak menutup secara sempurna.

Jika anda ingin memperbaiki sendiri toilet bocor di rumah, silahkan baca artikel dibawah ini.

 Baca : Tutorial memperbaiki toilet bocor

3. Pipa bocor dalam instalasi air rumah

pipa-bocor-dalam-dindingTerkadang kebocoran air terjadi karena adanya pipa bocor dalam instalasi rumah anda. Jika hal ini terjadi anda harus memanggil jasa tukang profesional untuk memperbaiki masalah ini sesegera mungkin sebelum terjadi kerusakan peralatan atau perabotan rumah karena terkena air dan tagihan air bulanan anda membengkak. Namun permasalahannya adalah sering kali pipa bocor sulit untuk diketahui lokasi tepatnya karena pipa air tertanam dalam tembok atau dibawah lantai. Apalagi jika gejala bocornya air seperti dinding atau lantai yang basah tidak terlihat.

Jika ini yang terjadi, anda butuh bantuan profesional untuk mendeteksi lokasi titik pipa bocor dalam rumah anda. Jasa deteksi kebocoran seperti ini menggunakan peralatan khusus yang dapat dengan akurat mendeteksi titik pipa bocor dalam dinding atau lantai rumah anda.

Silahkan hubungi dokter pipa untuk jasa deteksi pipa bocor rumah, kantor ataupun gedung.

Kategori

5 Penyebab Utama Pipa Bocor

Pipa Bocor: 5 Penyebab Utama Yang Harus Anda Ketahui

07 Juli 2020

Air bersih merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah rumah tinggal. Sumber air yang mensuplai kebutuhan rumah tangga ini berasal […]

Baca Artikel..
air mineral

Ph air Mineral Yang Baik Untuk Dikonsumsi

17 April 2020

Air mineral adalah air yang bersumber dari mata air yang mengandung berbagai mineral, seperti garam dan senyawa belerang. Air mineral […]

Baca Artikel..
pipa galvanis

Perlukah Pipa Galvanis Diganti?

22 November 2019

Pada rumah atau bangunan yang berusia cukup tua, pipa galvanis banyak menjadi sumber masalah yang cukup mengganggu bahkan merugikan secara […]

Baca Artikel..
Scroll to Top