PERTANYAAN UMUM SEPUTARAN CUCI PIPA

Saya belum pernah mendengar tentang teknologi pembersihan/cuci pipa, apa teknologi ini sudah digunakan di negara lain?

Negara-negara maju seperti Jepang, Eropa & Amerika telah mulai melakukan pembersihan pipa sejak 20 tahun yang lalu. Beberapa waktu belakangan ini, teknologi ini mulai banyak digunakan di negara-negara ASEAN terutama singapore dan malaysia. Teknologi ini kemudia masuk Indonesia dan dokterpipa mengkombinasikan antara teknologi HDS (Hydro Dynamic System), Mizuha dan Ozone sehingga menghasilkan teknologi pembersihan/cuci pipa yang lebih efektif & efisien.

Apakah mencuci pipa itu perlu/penting?

Ya, tentu saja! Dengan makin menurunnya kualitas air belakangan ini tentu saja mempengaruhi kualitas air bersih yang masuk ke jaringan pipa rumah kita. Jika tidak dicuci/dibersihkan secara berkala, endapan kotoran & bakteri (biofilm) yang menempel dan mengendap pada pipa akan menjadi sarang ideal untuk perkembang biakan micro organisme, bakteri escherichiacoli, enterovirus dan virus lain yang berbahaya bagi kesehatan. Terlebih lagi jika menggunakan pipa galvanis/besi. Terjadinya endapan kotoran lebih cepat dan ditambah karat pipa yang ikut sebagai logam berat mencemari air.

Apakah endapan kotoran ini bisa terjadi pada semua jenis bahan pipa?

Pipa berbahan logam akan lebih cepat terjadi endapan kotoran & karat. Pipa berbahan PVC, PPR, HDPE pun pasti terjadi endapan. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Montana State University, bakteri akan mulai menempel pada dinding pipa dalam hitungan menit saat pipa dialiri air. Semakin lama tidak dicuci/dibersihkan, akan semakin menumpuk dan berkerak. Saat proses pembersihan, kotoran dalam berbagai warna akan keluar dari keran air Anda. Hijau (alga), Coklat (endapan tanah & biofilm), hitam (lumpur air tanah).

Berapa sering cuci pipa perlu dilakukan?

Tergantung pada kualitas sumber air bersihnya. Pada umumnya dibutuhkan cuci pipa paling tidak 1x pertahun. Untuk daerah tertentu terutama yang menggunakan air tanah, disarankan maintenance cuci pipa 2x pertahun.

Saya memiliki filter air, apa tetap perlu cuci pipa?

Fungsi utama dari filter air adalah menyaring  partikel-partikel dalam air, bukan bakteri atau zat beracun lainnya yang dapat mengendap di dinding pipa. Menggunakan filter air saja tidak akan bisa membersihkan air secara menyeluruh. Mencuci/membersihkan pipa dan menggunakan filter air berkualitas adalah satu satunya cara untuk memaksimalkan suplai air bersih di rumah Anda.

Apa proses cuci pipa bisa merusak pipa?

Bisa saja jika tidak menggunakan alat dan teknologi yang tepat! Beberapa vendor cuci pipa menggunakan kompresor untuk secara manual memberikan tekanan kedalam pipa. Hal ini dapat berbahaya karena tekanan angin yang masuk ke pipa tidak dapat terkontrol secara presisi sehingga dapat menyebabkan tekanan berlebihan (over pressure). Dokter pipa menggunakan mesin dengan teknologi microcontroller yang selalu mendeteksi tekanan dalam pipa dan secara otomatis memutus aliran jika terjadi tekanan diatas batas yg ditentukan.

Dokter pipa menggunakan larutan citrun zuur (food grade) dan ozone, apakah itu berbahaya?

Mizuha pipe cleaning (menggunakan citrun zuur) adalah metode cuci pipa yang dikembangkan jepang bersama dengan Yokohama National University. Metode ini menggunakan bahan makanan untuk merontokkan kerak kotoran dalam pipa. Hasil yang didapatkan jauh lebih bersih dibandingkan hanya mengandalkan teknologi HDS (Hydro dynamic system). Teknologi ini terbukti aman dan tidak merusak pipa. TIDAK SEMUA Mesin dapat menggunakan injeksi larutan citrun zuur seperti ini.

Sedangkan ozone digunakan dokterpipa untuk mensterilkan pipa setelah dicuci bersih sehingga memastikan seluruh bakteri dan virus tidak ada yang tertinggal di dalam saluran pipa. Selain higienis, hal ini dapat mencegah lebih lama menempelnya kembali bakteri dan virus pada dinding pipa. Ozone adalah teknologi yang telah lama digunakan untuk proses sterilisasi alat alat kedokteran, makanan dan bahkan digunakan untuk terapi kesehatan dan pemurnian udara dalam ruangan. Literartur tentang keamanan penggunaan ozone dapat banyak ditemukan di jurnal jurnal ilmiah.

Berapa lama proses pencucian pipa dari awal sampai selesai?

Waktu pencucian pipa akan sangat tergantung dari banyaknya titik keran dan rumit tidaknya jalur pipa rumah.

Biasanya semakin luas sebuah bangunan, waktu pengerjaan akan semakin lama. Waktu normal untuk pencucian pipa rumah 2 lantai adalah antara 3-4 jam.

Pada saat hari kerja hanya ada istri saya di rumah, apakah aman?

Dokterpipa selalu mengutamakan keamanan dan kenyamanan customer. Seluruh teknisi kami akan datang ke rumah Anda dengan kendaraan (motor atau mobil) yang telah di branding logo dokterpipa, membawa ID Card yang dapat di cek kebenarannya di website atau call center kami, serta surat jalan elektronik.

Teknisi dokterpipa adalah karyawan tetap, bukan tenaga harian lepas atau jasa borong pihak ketiga sehingga riwayat dan keahlian teknisi telah melewati seleksi ketat kami

Scroll to Top