Home » Cara Memperbaiki Air Kran Kecil dan Kran Mampet

Cara Memperbaiki Air Kran Kecil dan Kran Mampet

Kenapa di kamar mandi saya air kran kecil ya keluarnya, ada beberapa kran mampet juga. Padahal saya sudah pakai pompa pendorong dan dulunya normal-normal saja.

kran mampet air kran kecil

Keluhan seperti ini sering kali dialami siapa saja, baik itu di perumahan biasa ataupun perumahan elite. Air kran kecil salahsatu penyebab utamanya adalah penumpukan kotoran di dinding pipa air bersih. Kotoran yang menumpuk ini kemudian membentuk kerak/sedimen kotoran di sepanjang jalur pipa. Lambat laun hal ini bisa membuat kran mampet total.

Baca juga : Kran Mampet? Periksa sendiri dengan cara ini

Kran mampet atau debit air keran kecil sebetulnya tidak terjadi secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan oleh suatu proses yang berlangsung terus menerus selama bertahun tahun di dalam pipa air bersih rumah. Kebanyakan dari kita tidak menyadari hal ini karena kurangnya informasi mengenai pemeliharaan pipa.

Untuk melihat kondisi sebenarnya pipa rumah dan memahami kenapa dari air yang terlihat bening dan bersih bisa menyebabkan kran mampet atau air keran kecil, simak terus artikel ini.

Bagian Dalam Pipa Air Kran Kecil

Apakah Anda tahu bagaimana kondisi di dalam pipa air bersih Rumah Anda?

Kerak-kotoran-dalam-pipa-airAir yang terlihat bening dan bersih yang keluar dari keran rumah Anda ternyata melewati perjalanan sejauh puluhan sampai ratusan meter. Mulai dari tanki penyimpanan atau pipa PAM di depan rumah sampai akhirnya keluar keran air yang digunakan untuk mandi, mencuci makanan dan bahkan memasak.

Air mengandung banyak kandungan padat baik yang terlihat seperti lumpur halus, pasir ataupun kandungan yang tidak terlihat seperti kalsium, magnesium, natrium, silikat, dll. Di dalam instalasi pipa air bersih normal, akan selalu terdapat air baik itu dalam keadaan mengalir (saat kran dibuka) ataupun diam (saat kran ditutup).

Bisa dibayangkan pipa air rumah seperti pembuluh darah kita yang selalu dialiri oleh darah. Selama bertahun atau berpuluh tahun, darah dengan berabagai kandungan padatnya mengalir melalu pembuluh darah. Hingga pada akhirnya dapat timbul plak/sumbatan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang dapat menghambat aliran darah tersebut.

Begitu juga dengan instalasi pipa rumah Anda. Sudah berapa lama usia rumah Anda? 1,5,10,20 atau bahkan diatas 20 tahun?! Bagaimana kira2 endapan yang ada di dalam pipa tempat tinggal Anda? Apakah benar terjadi Deposit lumpur, tanah, mineral, bercampur dengan bakteri, jamur dan kontaminan lainnya di dalam pipa air bersih yang Anda gunakan sehari-hari?

Endapan kotoran ini terjadi sescara bertahap sedikit demi sedikit. Sumber air bersih yang terkadang tercemar dengan lumpur tanah akan mempercepat proses terjadinya endapan ini. Sebetulnya proses terjadinya endapan sudah dimulai dalam hitungan menit sejak pipa dialiri oleh air (sumber: https://www.cs.montana.edu). Disinilah mulai terjadinya proses yang menyebabkan air keran kecil.

Endapan ini dikenal dengan sebutan biofilm. Biofilm adalah lapisan licin yang dapat terbentuk dimana saja : pipa air bersih, pipa air kotor, batuan di sungai, selokan, lantai kamar mandi, wastafel, bahkan gigi kita. Lapisan ini terdiri dari banyak jenis bakteri dan juga jamur, alga, protozoa, beragam mikroorganisme, endapan kotoran dan sisa makanan.

Beginilah proses terjadinya biofilm di dalam saluran pipa air.

Proses tebentuknya kerak dalam pipa

pembentukan biofilm kotoran pipaSumber : Bay Area Lym Foundation

 

Siklus ini berlangsung berulang ulang seusia rumah Anda. Selama saluran pipa air anda tidak dicuci, endapan ini akan semakin terus bertambah.

Air bersih yang digunakan sehari hari mengalir melalui pipa seperti ini sepanjang  puluhan-ratusan meter dalam instalasi pipa rumah Anda. Mikroorganisme, bakteri, jamur dan kontaminan lain akan ikut mengalir dalam air bersih dan mencemari air yang Anda gunakan.

proses-biofilm

BIOFILM-dalam-pipa

down-arrow

penggunaan-air

Tanpa disadari dan secara tidak kasat mata, air yang Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari membawa banyak mikroorganisme berbahaya. Hal ini secara lambat laun dapat mengganggu kesehatan Anda sekeluarga. Secara langsung maupun tidak penyakit umum seperti : Penyakit & alergi kulit, penyakit saluran cerna & infeksi virus-bakteri dapat bersumber dari air bersih yang anda gunakan sehari-hari.

penyakit akibat kontaminasi air

Inilah salah satu alasan mengapa Singapore National Water Agency (PUB) mewajibkan inspeksi dan sterilisasi toren dan saluran air minimal 1x per tahun.

Baca Juga : Dua Langkah Untuk Mencegah Kran Mampet

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kran Mampet Sebagian atau Total?

Untuk layanan pembersihan pipa air bersih baik itu kran mampet, air kran kecil atau perawatan kebersihan pipa (cuci pipa), silahkan hubungi dokter pipa.

 

Kategori

5 Penyebab Utama Pipa Bocor

Pipa Bocor: 5 Penyebab Utama Yang Harus Anda Ketahui

07 Juli 2020

Air bersih merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah rumah tinggal. Sumber air yang mensuplai kebutuhan rumah tangga ini berasal […]

Baca Artikel..
air mineral

Ph air Mineral Yang Baik Untuk Dikonsumsi

17 April 2020

Air mineral adalah air yang bersumber dari mata air yang mengandung berbagai mineral, seperti garam dan senyawa belerang. Air mineral […]

Baca Artikel..
pipa galvanis

Perlukah Pipa Galvanis Diganti?

22 November 2019

Pada rumah atau bangunan yang berusia cukup tua, pipa galvanis banyak menjadi sumber masalah yang cukup mengganggu bahkan merugikan secara […]

Baca Artikel..
Scroll to Top