Home » Apa Itu Pipa PVC, PPR dan PEX

Apa Itu Pipa PVC, PPR dan PEX

PIPA PVC

Pipa PVCAnda mungkin akrab dengan pipa PVC. Pipa plastik putih yang biasa digunakan untuk pipa ledeng dan drainase. PVC adalah singkatan dari polyvinyl chloride, dan itu menjadi pengganti umum untuk pipa logam. Kekuatan PVC, daya tahan, pemasangan yang mudah, dan biaya yang rendah menjadikannya salah satu plastik yang paling banyak digunakan di dunia. PVC adalah bahan termoplastik yang dibentuk menjadi berbagai bentuk untuk membuat pipa, fitting, katup, dan perlengkapan penanganan cairan lainnya. Pipa PVC menawarkan layanan yang andal dan tahan lama untuk berbagai pengguna

Pipa PVC memiliki sifat dan karakteristik berikut:

  • ringan, lima kali lebih ringan dari pipa logam;
  • 30% lebih murah  dibandingkan pipa PE dengan parameter teknis serupa;
  • tidak mengalami korosi: tahan terhadap aksi asam, alkali dan garam;
  • karena sifat hidrolik yang tinggi, mereka memiliki hasil yang sangat baik;
  • memiliki elastisitas yang sangat baik, sehingga mereka dapat menahan tekana air dengan baik;
  • nilai konduktivitas termal spesifiknya mendekati konduktivitas termal dari bahan insulasi;

Keuntungan utama pipa PVC untuk mengalirkan air bertekanan dengan kekuatan di atas pipa yang terbuat dari bahan polimer lainnya. Untuk aplikasi pemasangannya pun pipa PVC ini sangat mudah. Sambungan pipa PVC biasanya dengan menggunakan knei atau pun sock dan lem khusus pipa PVC, Ini membuat pemasangan pipa lebih ekonomis, dan juga mempercepat pekerjaan.

Permukaannya yang halus dan tidak korosif tetap bersih bahkan setelah digunakan selama beberapa dekade, tidak seperti pipa besi yang menderita tuberkulasi, suatu bentuk korosi internal dan kontaminasi bio-film yang dapat membatasi aliran, meningkatkan energi pompa dan menjadi tempat berkembang biak bagi bakter.

PVC adalah pilihan yang hemat biaya untuk sistem perpipaan. Bobotnya yang ringan berarti mengurangi biaya pengiriman, serta penanganan dan pemasangan yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih mudah. Itu, ditambah dengan kemudahan perakitan sistem perpipaan PVC, berarti berkurangnya kebutuhan peralatan dan tenaga kerja.

Pipa PPR

Pipa PPRPipa PPR adalah pipa yang berbentuk silinder lurus dan kaku, terbuat dari plastik Polypropylene Random Copolymer, diproduksi melalui proses ekstrusi terus menerus. Mereka umumnya memiliki warna hijau atau putih, dan dalam ukuran diameter luar mulai dari 20mm hingga 110mm membuat dinding pipa jauh lebih tebal daripada PVC. Pipa PPR disertai dengan serangkaian alat kelengkapan sambungan, bagian, dan aksesori yang tersedia untuk setiap diameter pipa.

Daya Tahan pipa PPR

Sistem perpipaan PPR dapat tetap berfungsi selama lebih dari 50 tahun, pada berbagai temperatur operasi fluida dan lingkungan. Selain itu, pipa PPR menunjukkan daya tahan yang sangat baik di sistem air panas dan dingin. Pertama, itu dapat bertahan dari tekanan suhu dan tekanan dari sistem air panas. Pada saat yang sama pipa PPR mampu menahan dampak secara struktural bahkan pada instalasi cuaca dingin tanpa risiko retak atau pecah, tidak seperti jenis pipa plastik umum lainnya.

Ketahanan Kimia & Mekanik

Dibandingkan dengan sistem perpipaan lainnya, pipa PPR menawarkan ketahanan yang sangat tinggi terhadap abrasi oleh partikel keras. Ini terutama penting dalam kasus aplikasi air sumur atau industri, di mana cairan yang ditransfer dapat mengandung partikel abrasif. Selain itu, tidak seperti pipa logam tradisional, PPR kuat untuk sebagian besar elektrolit dan bahan kimia, pada berbagai tingkatan suhu. Daya tahan pipa ini terhadap cairan elektrolitik dan kimia ini membuat pipa PPR aman untuk digunakan dalam kasus salinitas air yang tinggi (misalnya dalam aplikasi kolam yang menggunakan air laut) atau bahkan bahan kimia yang sangat korosif (misalnya dalam aplikasi industri).

Efisiensi Ekologis & Ekonomi

Karena pipa PPR yang ringan, pengangkutan, penanganan, dan pemasangannya tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak. Pada aplikasi pemsangannya pun pipa jenis ppr ini mudah untuk dipotong, dan disambung.

Selain itu, cara menyambung pipa PPR dilakukan hanya melalui panas yang dihasilkan oleh alat khusus dan tidak memerlukan bahan kimia atau bahan tambahan. Semua faktor ini berkontribusi pada PPR yang berdampak rendah terhadap lingkungan dan biaya penggunaan.

Pipa PEX

Pipa PPRPEX adalah jenis plastik polietilen. Pipa PEX dibuat dengan ikatan silang ikatan polietilen untuk membentuk struktur kimia yang membuat pipa lebih kuat dan lebih fleksibel daripada pipa lain yang terbuat dari plastik. Produk Pipa ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan tembaga , PVC, dan pipa pipa baja galvanis. PEX fleksibel dan lebih mudah dipasang daripada pipa yang kaku, mempunyai ketahanan panas yang tinggi dan daya tahan jangka panjang. PEX memiliki ukuran mulai dari 1/4 inci hingga 4 inci. Ukuran pipa yang paling umum digunakan adalah 1/2, 3/4, dan 1 inci.

Kelebihan Pipa PEX

Pipa ledeng PEX menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan bahan pipa ledeng tradisional. Karena dibuat dengan bahan yang fleksibel dan ulet, PEX lebih tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh pembekuan daripada pipa tembaga atau PVC. Selain itu Pipa PEX menghemat energi dengan mengurangi perpindahan panas dinding pipa. Sebaliknya, pipa logam rentan terhadap panas. PEX juga tidak menimbulkan korosi — keuntungan lain dari pipa logam terutama pipa baja galvanis, yang secara konsisten terkorosi seiring waktu. Dibandingkan dengan tembaga, PEX lebih tahan terhadap penumpukan kerak dan mengakibatkan mampetnya saluran air. serta, Pipa PEX jauh lebih murah daripada pipa tembaga.

Karakteristik Warna Pipa PEX

  • Pipa PEX merah membawa air panas.
  • Pipa PEX biru membawa air dingin.
  • Pipa PEX putih dapat digunakan untuk air panas atau dingin.
  • Pipa PEX abu-abu , seperti putih, dapat digunakan untuk air panas atau dingin

Keuntungan Pipa PEX

  • Memasang PEX tidak membutuhkan solder seperti halnya tembaga dan baja galvanis.
  • PEX mengembang, membuatnya lebih tahan terhadap retak-beku daripada tembaga atau baja.
  • PEX tidak menimbulkan korosi, yang dapat terjadi dengan pipa tembaga dan baja, yang  menyebabkan kebocoran dan kontaminasi pasokan air.
  • Air mengalir secara diam-diam melalui PEX, menghilangkan kebisingan “water hammer” yang terkait dengan pipa logam.
  • Pengodean warna (merah dan biru) memudahkan untuk membedakan jalur suplai panas dan dingin.
  • PEX dapat dihubungkan ke jalur pasokan logam yang ada dengan alat kelengkapan yang benar.

Kerugian Pipa PEX

PEX tidak cocok untuk penggunaan di luar ruangan. Sinar ultraviolet menyebabkan PEX cepat rusak — tabung yang dibiarkan di luar ruangan dapat mengeras dan pecah dalam beberapa bulan.

PEX saat ini tidak dapat didaur ulang, karena tidak meleleh seperti plastik daur ulang lainnya. Namun, dengan meningkatnya popularitas PEX, permintaan akan cara untuk mendaur ulangnya juga akan meningkat.

Kategori

5 Penyebab Utama Pipa Bocor

Pipa Bocor: 5 Penyebab Utama Yang Harus Anda Ketahui

07 Juli 2020

Air bersih merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah rumah tinggal. Sumber air yang mensuplai kebutuhan rumah tangga ini berasal […]

Baca Artikel..
air mineral

Ph air Mineral Yang Baik Untuk Dikonsumsi

17 April 2020

Air mineral adalah air yang bersumber dari mata air yang mengandung berbagai mineral, seperti garam dan senyawa belerang. Air mineral […]

Baca Artikel..
pipa galvanis

Perlukah Pipa Galvanis Diganti?

22 November 2019

Pada rumah atau bangunan yang berusia cukup tua, pipa galvanis banyak menjadi sumber masalah yang cukup mengganggu bahkan merugikan secara […]

Baca Artikel..
Scroll to Top