Home » Air Keran Kamar Mandi Saya Kecil, Kenapa Ya?

Air Keran Kamar Mandi Saya Kecil, Kenapa Ya?

Pertanyaan ini sering kali ditanyakan kepada kami. Kadang pemilik rumah juga merasa bingung dengan kondisi seperti ini : “Padahal rumah saya baru 2 tahun lho, masa pipa airnya sudah kotor sih?”

Jawaban sederhananya adalah: Bisa ya, bisa juga tidak!. Untuk lebih jelas menjawab pertanyaan ini silahkan baca artikel berikut ini :

Keran Mampet, Periksa Sendiri Dengan Cara Ini

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana kondisi sebenarnya di dalam dinding pipa air bersih baik itu rumah tinggal, kos-kosan, hotel, ruko ataupun pabrik.

Keunggulan Pipa PVC

Pipa yang digunakan pada sebagian besar bangunan di dunia, termasuk di perumahan adalah pipa PVC (Polyvinyl Chloride). Pipa ini begitu populer digunakan karena karakteristiknya yang unggul dibanding pipa jenis lain. 

  1. Pipa PVC Aman : Pipa PVC sudah teruji dan terbukti merupakan moda tranportasi air yang aman digunakan bahkan untuk air siap minum sekalipun. Sifat kimiawinya yang stabil dan bebas karat mencegah terjadinya kontaminasi pada air yang dialiri melalui pipa jenis ini.
  2. Kuat, Tahan Lama & Ekonomis : Usia pakai pipa PVC sangat panjang. Sistem pipa PVC yang tertua saat ini berusia 80 tahun dan masih berfungsi dengan baik sampai saat ini. Usia pakai pipa PVC adalah sekitar 100 tahun!
  3. Ramah Lingkungan: Pipa PVC mengandung karbon yang sangat sedikit. Hal ini menjadikan pipa ini membutuhkan sumber daya dan energi yang sedikit pada saat proses produksinya. Bobotnya yang ringan pun menjadikannya mudah dan lebih hemat bahan bakar transport.
  4. Dapat di Daur Ulang: Pipa PVC mudah untuk di daur ulang dan dapat di daur ulang beberapa kali tanpa keilangan sifat-sifat dasar strukturnya.

Permukaan dinding pipa PVC bersifat halus dan berpori rendah. Hal ini membuat bakteri dan kontaminan lainnya lebih sulit untuk menempel pada dinding pipa. Tapi apakah ini menjadikan pipa PVC bebas kerak kotoran? Mari kita lihat proses terjadinya kerak pada dinding pipa berikut ini.

Proses Terjadinya Endapan Dalam Pipa

 

terbentuknya kerak kotoran dalam pipa

Saat air mulai mengaliri pipa, proses terjadinya endapan bakteripun dimulai. Bakteri-bakteri ini membentuk lapisan tipis dan licin yang dinamakan biofilm. Lapisan biofilm ini terbentuk hanya dalam 6 minggu pipa dialiri oleh air. Setelah lapisan biofilm ini terbentuk, bakteri akan terus berkebang biak dan menyebar ke seluruh jaringan pipa rumah. Lapisan ini juga yang menyebabkan mudahnya kotoran dan kontaminan lain mengendap pada dinding pipa

endapan biofilm dalam pipa

Proses ini berlangsung terus menerus selama pipa dialiri atau berisi air. 

“Saya menggunakan filter air di rumah, seharusnya pipa air saya tidak akan menjadi kotor kan?”

Asumsi ini tidaklah benar. Filter air tidak bisa menyaring 100% kontaminan yang ada dalam air bersih. Proses terjadinya endapan pada dinding pipa tetap terjadi walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama. Berikut ini adalah foto aktual yang kami ambil pada beberapa sampel pipa rumah.

Endapan Kotoran Dalam Pipa

pipa kotor tahap 1Tahap Awal : Pada tahap ini biofilm telah terbentuk dan kotoran telah mulai menempel sehingga membentuk lapisan kotoran pada dinding pipa. Pada tahap ini air masih mengalir dengan lancar tanpa hambatan

Walaupun air mengalir dengan lancar, namun hal yang tidak disadari adalah kotoran, bakteri dan kontaminan yang menempel pada dinding pipa akan mencemari air bersih yang melewatinya. Hal ini dapat menimbulkan resiko kesehatan saat air dipakai untuk mandi, memasak atau menggosok gigi.


air kran kecilTahap Air Mengecil : Pada tahap ini kerak kotoran telah menebal sehingga mengurangi diameter pipa secara signifikan. Hal ini berdampak pada air yang keluar di keran mengecil. Pada tahap ini biasanya seseorang baru mulai sadar ada sesuatu yang tidak beres pada pipanya.

Tapi karena pipa air bersih biasanya tertanam dalam tembok atau berada di atas plafon, kita tidak sadar bahwa kotoran telah menumpuk begitu banyak dalam pipa. Kontaminan yang terbawa airpun akan lebih banyak jumlahnya.

 

pipa mampet totalTahap Mampet Total : Pada tahap ini air telah mampet total dan tidak keluar sama sekali di keran air. Endapan kotoran telah menutupi keseluruhan diameter pipa. Kotoran yang menumpuk biasanya sudah mulai padat dan agak kering. Pada tahap ini pemilik rumah biasanya sudah kehabisan akal dan akan mengganti jalur pipanya dengan jalur pipa baru. Suatu pekerjaan besar yang akan menghabiskan banyak waktu dan biaya yang tidak sedikit. 

 

Untuk mencegah penumpukan kotoran dan kontaminasi air bersih, perawatan pipa air bersih perlu dilakukan. Perawatan pipa air bersih secara berkala disarankan dilakukan setiap 1 tahun sekali atau paling cepat 6 bulan sekali jika jika sumber air yang digunakan adalah air tanah. 

Pembersihan saluran pipa air bersih tidak bisa sembarangan dilakukan terlebih jika menggunakan cairan kimia berbahaya. Karena residu bahan kimia tersebut dapat mencemari air bersih ataupun lebih parahnya merusak pipa sehingga menyebabkan kebocoran.

Cara pembersihan pipa air bersih harus dilakukan secara benar oleh tenaga professional. Langkah-langkah pembersihan pipa air bersih dapat dilihat pada artikel berikut ini :

kran-mampet-cuci-pipa

Kategori

5 Penyebab Utama Pipa Bocor

Pipa Bocor: 5 Penyebab Utama Yang Harus Anda Ketahui

07 Juli 2020

Air bersih merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah rumah tinggal. Sumber air yang mensuplai kebutuhan rumah tangga ini berasal […]

Baca Artikel..
air mineral

Ph air Mineral Yang Baik Untuk Dikonsumsi

17 April 2020

Air mineral adalah air yang bersumber dari mata air yang mengandung berbagai mineral, seperti garam dan senyawa belerang. Air mineral […]

Baca Artikel..
pipa galvanis

Perlukah Pipa Galvanis Diganti?

22 November 2019

Pada rumah atau bangunan yang berusia cukup tua, pipa galvanis banyak menjadi sumber masalah yang cukup mengganggu bahkan merugikan secara […]

Baca Artikel..
Scroll to Top